• February 23, 2024

10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Pasuruan, sebuah kota yang dikenal oleh banyak wisatawan karena objek wisata seperti Taman Safari dan Kebun Raya Purwodadi yang legendaris. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan berbagai wisata indah lainnya. Tidak heran jika Pasuruan terbilang populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, perjalanan liburan ke Pasuruan tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas dari kota ini. Jadi, apa saja oleh-oleh khas Pasuruan yang paling populer? Berikut adalah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Pasuruan yang menarik untuk kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Khas Pasuruan :

1. Ikan Lempuk Crispy

ikan lempuk crispy
shopee.co.id

Orang Pasuruan sering menyebutnya sebagai “Ikan Lempuk.” Ikan ini memiliki ukuran tubuh kecil yang mirip dengan ikan teri dan hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Jepang. Di Pasuruan, ikan lempuk dibiakkan di Ranu Grati. Banyak penduduk setempat yang membudidayakan ikan ini. Biasanya, ikan lempuk diolah menjadi rempeyek atau digoreng dengan tepung. Olahan ikan yang satu ini dihidangkan dengan cita rasa lezat yang renyah. Banyak wisatawan yang memutuskan untuk berburu olahan ikan lempuk sebagai oleh oleh khas Pasuruan untuk dibawa pulang. Rasanya yang gurih dan kenyal menjadikan ikan lempuk crispy favorit tidak hanya di kalangan penduduk Pasuruan tetapi juga para pengunjung dari luar daerah.

2. Permen Jahe

permen jahe
tokopedia.com

Ting Ting Jahe, atau permen jahe adalah salah satu oleh oleh Pasuruan yang unik. Permen ini memiliki rasa manis yang unik karena terbuat dari campuran jahe dan gula. Saat mencobanya, kamu tentu dapat merasakan sentuhan pedas yang khas dari jahe. Permen jahe memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, bahkan bisa dikunyah. Biasanya, permen jahe ini dikemas dalam kertas sehingga memberikan kesan tradisional pada oleh-oleh ini. Harga permen ini terbilang terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per bungkusnya.

3. Jamu Kebonagung

jamu kebonagung
kompasiana.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jamu bukan? Jamu adalah minuman tradisional yang populer di Indonesia, tetapi jamu khas Pasuruan memiliki cita rasa yang unik. Jamu Kebonagung, salah satu contohnya. Dibuat dengan berbagai bahan seperti bunga pala, kayu manis, lada, cengkeh, kapulaga, cabe jamu, serai, dan gula Jawa, jamu ini dikenal kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Jamu ini lebih nikmat ketika disajikan dingin dengan es, terutama setelah seharian beraktivitas. Harga jamu kebonagung terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000,-.

4. Roti Matahari

roti matahari
bukalapak.com

Bagi pecinta roti, Roti Matahari adalah oleh-oleh yang sempurna saat mengunjungi Pasuruan. Roti ini memiliki cita rasa khas dan resep aslinya telah dijaga selama bertahun-tahun. Roti Matahari hanya diproduksi di Pasuruan untuk menjaga kualitasnya. Tersedia berbagai jenis roti, seperti roti sisir, roti kasur, dan roti ronde. Harga roti ini sangat terjangkau, yakni mulai Rp 20.000,-. Roti yang satu ini menjadi pilihan oleh oleh khas Pasuruan yang menarik dibawa pulang dan disukai semua kalangan.

5. Bipang Jangkar

bipang jangkar
shopee.co.id

Bipang Jangkar adalah salah satu oleh oleh khas Pasuruan yang paling populer. Makanan ini merupakan oleh-oleh pertama yang dicari oleh para wisatawan. Dengan resep yang diwariskan dari tahun 1949, Bipang Jangkar tetap orisinal dan lezat. Terbuat dari beras ketan dengan resep warisan, Bipang Jangkar dijual dengan rasa yang beragam. Harga satu plastik bipang jangkar terbilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 20.000,-.

6. Kopi Bubuk Kaspandi

kopi bubuk kaspandi
bukalapak.com

Kopi Bubuk Kaspandi adalah kopi robusta khas Pasuruan yang selalu mempertahankan rasa dan aroma khasnya selama 75 tahun. Kopi ini sangat diminati oleh para pecinta kopi yang mengunjungi Pasuruan. Tersedia dalam berbagai kemasan, termasuk kemasan 250 gram dengan harga mulai dari Rp 21.000,-.

7. Oleh Oleh Khas Pasuruan : Sirup Pokak

sirup pokak
putrifaradiannotes.blogspot.com

Sirup Pokak adalah minuman khas Pasuruan yang unik dan sangat disayangkan jika tidak dicoba. Sirup ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti merica, cengkeh, bunga pala, cabai, serai, kapulaga, keningar, jahe, gula pasir, dan gula Jawa. Terdapat banyak manfaat dari Sirup Pokak, dinataranya dipercaya dapat menghangatkan badan dan meredakan perut kembung. 500 ml sirup pokak dibandrol dengan harga sekitar Rp 40.000,-.

8. Oleh Oleh Khas Pasuruan : Klepon Gempol

klepon gempol
terakota.id

Ada banyak pilihan oleh oleh khas Pasuruan yang wajib kamu coba, salah satunya adalah Klepon Gempol. Klepon merupakan makanan khas yang sudah dikenal luas di Indonesia, tetapi klepon khas Pasuruan memiliki sentuhan unik. Klepon Gempol memiliki taburan keju parut sebagai pengganti kelapa parut yang biasanya digunakan pada klepon tradisional. Keju memberikan cita rasa tersendiri pada klepon ini. Meskipun berbeda dari klepon biasa, Klepon Gempol tetap harus dimakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kamu dapat dengan mudah menjumpai klepon gempol di berbagai pasar tradisional di Pasuruan.

9. Oleh Oleh Khas Pasuruan : Kerajinan Bordir

kerajinan bordir
jatim.antaranews.com

Selain oleh-oleh makanan, Pasuruan juga terkenal dengan kerajinan bordirnya. Kerajinan ini sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Produk kerajinan bordir Pasuruan termasuk taplak meja, tempat tisu, mukena, kain kebaya, pakaian muslim, sajadah, sepatu, tas, dan banyak lagi. Kerajinan ini dikenal karena desainnya yang unik dan menarik. Pembuatan yang dilakukan secara manual juga menjadi daya tarik tersendiri pada kerajinan bordir. Harga yang ditawarkan untuk satu kerajinan ini terbilang beragam, tergantung ukuran serta tingkat kerumitan pembuatan.

10. Oleh Oleh Khas Pasuruan : Kerajinan Limbah Daun Kelapa

kerajinan limbah daun kelapa
news.detik.com

Satu lagi oleh oleh yang tidak boleh kamu lewatkan yakni kerajinan limbah daun kelapa. Sesuai dengan sebutannya, kerajinan ini terbuat dari limbah daun kelapa dan palem yang sering terbuang begitu saja. Daun-daun tersebut dipanaskan dan dibentuk sesuai kebutuhan untuk membuat lampu hias yang cantik dan menarik. Lampu hias ini memiliki tampilan alami dan memberikan sentuhan artistik pada ruangan. Produk ini banyak dicari oleh wisatawan dan hanya tersedia melalui pesanan karena produksinya tidak massal.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Itulah 10 oleh oleh khas Pasuruan yang paling populer, baik di kalangan penduduk setempat maupun para wisatawan. Saat berkunjung ke Pasuruan, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh dari kota ini. Dengan berbagai pilihan oleh-oleh yang tersedia, pilihlah yang paling sesuai dengan seleramu atau yang ingin kamu bawa pulang untuk dibagikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *