• March 1, 2024

10 Pantai Di Banjarmasin yang Eksotis dan Wajib Dikunjungi!

Berlibur ke Pantai di Banjarmasin menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu libur. Kota Banjarmasin yang terletak di Kalimantan Selatan ini memang memiliki berbagai destinasi wisata air yang menakjubkan. Mulai dari Sungai hingga Pantai-pantai yang indah. 

Hal inilah yang menjadikan daerah tersebut dinamai Kota Seribu Sungai. Jika Kamu main-main kesana, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai-pantainya yang menakjubkan. Mau tau apa saja Pantai tersebut? Yuk Simak yang berikut. 

10 Pantai di Banjarmasin :

1. Pantai Gedambaan 

pantai gedambaan
celebes.co

Pantai di Banjarmasin yang patut kamu kunjungi adalah Pantai Gedambaan, juga dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung. Pantai ini menawarkan pesona surgawi dengan pasir putih yang bersih, berkilauan di bawah sinar matahari. Selain keindahannya, Pantai Gedambaan juga menyediakan fasilitas lengkap untuk kamu. 

Kamu bisa menginap di cottage, menikmati hidangan lezat di warung makan atau restoran besar, dan bermain di kolam renang. Ada juga playground untuk anak-anak, musholla, dan tempat parkir yang nyaman. Pantai ini tetap ramai meskipun di hari kerja, karena pemandangannya yang memukau. 

Kamu bisa melihat aktivitas nelayan, bangunan rumah penangkap ikan yang mengapung, bukit hijau, hutan mangrove berusia ratusan tahun, dan air laut yang jernih. Pantai Gedambaan juga merupakan rumah bagi hutan mangrove yang menjadi habitat berbagai spesies fauna, seperti burung, kunang-kunang, dan lebah. 

Lokasi: Desa gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara, Kota Baru, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Rp. 2.500 per orang. Sewa ban Pelampun (Rp. 5.000 – Rp. 10.000).

2. Pantai Angsana – Pantai di Banjarmasin 

pantai angsana
banjarmasin.tribunnews.com

Pantai yang tidak boleh di lewatkan saat mengunjungi Banjarmasin yakni Pantai Angsana. Terletak sekitar 5 jam dari pusat kota, perjalanan kesini sangat sepadan. Pantai di Banjarmasin ini memukau dengan pemandangan yang akan membuatmu terpesona. Mungkin belum begitu terkenal di kalangan turis, tetapi bagi penduduk setempat, Pantai Angsana sudah menjadi tempat yang akrab. 

Keindahan dan kedamaian pantai ini sungguh luar biasa. Terletak di tengah perkebunan sawit, pantai ini dikelilingi oleh hutan lebat yang menambahkan nuansa sejuk. Pantai dengan pasir putih dan pepohonan sawit yang rindang merupakan daya tarik utamanya. 

Pantai ini menawarkan berbagai kegiatan seperti snorkeling, scuba diving, dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa menyewa peralatan dari warga lokal yang siap membantu. Airnya yang jernih dan keindahannya telah membandingkannya dengan Pulau Bunaken yang terkenal.

Lokasi: Jalan Sawit, Bunati, Angsana, Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Gratis, Kecuali jika mau snorkeling/diving (Rp. 100.000-Rp. 250.000). Parkir Motor Rp. 10.000, Parkir Mobil Rp. 15.000.

3. Pantai Asmara 

pantai asmara
nativeindonesia.com

Kamu tidak boleh melewatkan Pantai Asmara saat menjelajahi keindahan pantai di Banjarmasin, terutama yang masih terbilang baru. Terletak di Desa Muara Asam-asam, pantai ini hanya berjarak sekitar 115 KM atau sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin. Jarak yang cukup terjangkau, bukan?

Meskipun mungkin lebih familiar dengan nama panjangnya, yaitu Pantai Asam-asam Muara, pantai ini menawarkan kebersihan yang masih terjaga. Pasir putihnya yang bersih dan ombak yang tenang menciptakan suasana ideal untuk bersantai di tepi pantai atau bahkan berenang. 

Pantai Asmara juga memiliki spot-spot Instagramable, termasuk tulisan LOVE besar-besar yang bisa menjadi latar belakang foto yang indah. Jadi, kunjungi Pantai Asmara dan nikmati pesonanya yang masih alami di Banjarmasin.

Lokasi: Desa Muara Asam-asam, Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 per orang. Parkir Motor Rp. 5.000, Parkir Mobil Rp. 10.000. Menyewa Speed Boat Rp. 20.000.

4. Pantai Batu Buaya – Pantai di Banjarmasin

pantai batu buaya
manado.tribunnews.com

Pantai Batu Buaya adalah destinasi pantai yang wajib kamu kunjungi di Banjarmasin. Sesuai dengan namanya, pantai ini mempesona dengan gundukan pasir, bebatuan, dan batuan karang yang menghiasi pantainya. Nama pantai ini diambil dari sebuah formasi batu karang tengah laut yang disebut “Batu Buaya,” memberikan pantai ini karakter uniknya.

Pantai Batu Buaya telah ada dalam waktu yang cukup lama, sehingga menjadi tujuan populer bagi para wisatawan. Ketika berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang tak terlupakan. Batu karang dan bebatuan memberikan keindahan alami, serta suasana pantai yang tenang dan menenangkan.

Jadi, jika kamu mencari pengalaman pantai yang berbeda dan ingin menjelajahi keindahan alam di Banjarmasin, Pantai Batu Buaya adalah tempat yang sempurna untukmu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pesonanya yang unik dan menakjubkan.

Lokasi: Sungai Cuka, Satui, Tanah Bambu, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Gratis.

5. Pantai Joras 

pantai joras
celebes.co

Jika Kamu mencari pantai dengan vibe ala lokasi syuting drakor Goblin, Pantai Joras adalah pilihan yang cocok. Terletak di lokasi yang sepi, Pantai di Banjarmasin ini tidak banyak dihuni oleh warga lokal atau nelayan, menjadikannya tempat yang benar-benar kosong dengan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. 

Meski minim fasilitas, Pantai Joras memiliki air yang jernih, gelombang ombak yang aman untuk anak-anak, warung kuliner, kamar mandi, dan tempat parkir. Pada malam hari, banyak yang datang ke sini untuk memancing karena ikan berdatangan ke pinggir pantai. 

Hanya berjarak 40 KM dari ibukota Banjarmasin dengan perjalanan darat yang nyaman melalui jalur Trans Kalimantan lintas provinsi. Jadi, nikmati ketenangan Pantai Joras yang memikat seperti dalam drakor Goblin.

Lokasi: Swarangan, Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: -.

6. Pantai Birah-birahan – Pantai di Banjarmasin

pantai birah birahan
wisato.id

Pulau Birah-birahan adalah surga tersembunyi bagi mereka yang mencari pengalaman di pulau tak berpenghuni. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, mulai dari menjelajahi pulau hingga memancing di perairannya yang kaya. 

Kamu juga dapat merasakan keajaiban dunia bawah laut dengan snorkeling dan diving, menemukan ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang beragam. Selain itu, Pulau Birah-birahan adalah rumah bagi binatang endemik Kutai Timur yang dilindungi, seperti penyu sisik dan penyu hijau. 

Setiap hari, penyu-penyu ini datang untuk bertelur di sekitar pulau, menciptakan pengalaman yang luar biasa. Kamu juga akan menemukan berbagai binatang liar lainnya, termasuk burung-burung eksotis dan biawak yang mendiami pulau ini. Jadi, datanglah ke Pulau Birah-birahan dan saksikan keindahan alam yang belum tersentuh ini di Banjarmasin.

Lokasi: Kec. Sandaran, Kutai Timur, Kalimantan Timur. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: -.

7. Pantai Pagatan 

pantai pagatan
nativeindonesia.com

Pantai Pagatan di Banjarmasin ini merupakan tempat yang terkenal berkat ritual “Macceratasi” atau “Pesta Laut” yang diselenggarakan oleh nelayan keturunan Bugis setiap bulan April. Acara ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah serta permohonan perlindungan bagi nelayan. 

Selain atraksi musik dan tarian tradisional, daya tarik utama Pantai Pagatan adalah panorama laut birunya yang luas dan pasir putih seluas 1,5 hektar. Ombak pantainya kecil dan aman untuk berenang. 

Pagi hari menawarkan deburan ombak yang lembut, sementara sore hari memberikan momen golden hour yang memukau. Kunjungi Pantai Pagatan untuk pengalaman yang memadukan budaya dan keindahan alam yang luar biasa di Banjarmasin.

Lokasi: Sei Lembu, Kusan Hilir, Pagatan, Tanah Bambu, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: -.

8. Pantai Takisung – Pantai di Banjarmasin

pantai takisung
tribunnewswiki.com

Pantai Takisung adalah salah satu objek wisata bahari yang menjadi favorit masyarakat sekitar, tidak hanya di Kalimantan Selatan tetapi juga di Kota Banjarmasin. Pantai ini menjadi tujuan utama selama musim liburan dan menawarkan pengalaman liburan yang luar biasa. 

Ketika Kamu mengunjungi Pantai Takisung, akan disambut oleh hamparan pasir putih yang luas dan pohon kelapa yang menghiasi pantainya. Air laut yang biru yang dipantulkan oleh langit semakin menambah pesona Pantai Takisung. 

Pantai ini juga menjadi ikon kota Pelaihari dan sangat populer di seluruh Kalimantan Selatan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keeksotisan Pantai Takisung saat Kamu berlibur di Banjarmasin.

Lokasi: Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah laut, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000.

9. Pantai Turki 

pantai turki
banjarmasin.tribunnews.com

Kalimantan Selatan memiliki destinasi wisata yang tak boleh Kamu lewatkan, yaitu Pantai Turki. Pantai di Banjarmasin ini memancarkan keindahan yang masih terjaga dengan baik. Pasir pantai kecoklatan yang memadukan warna biru dan air laut yang jernih menciptakan pemandangan yang memukau. 

Di sekitar pantai, terdapat gazebo-gazebo unik yang disiapkan oleh pengelola, menambah daya tarik Pantai Turki. Pepohonan yang rindang di sekitar pantai memberikan suasana yang segar dan menyejukkan. 

Pantai Turki menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang, baik dari dalam maupun luar daerah. Jadi, saat Kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alami Pantai Turki yang memukau.

Lokasi: Jalan Pantai Turki, Swarangan, Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Rp.10.000.

10. Pantai Samber Gelap – Pantai di Banjarmasin

pantai samber gelap
penginapan.net

Pulau Samber Gelap adalah salah satu destinasi wisata bahari wajib di Kalimantan Selatan yang menawarkan panorama pantai eksotis yang masih mempertahankan keasliannya. Pantai di Banjarmasin ini terasa belum tersentuh oleh banyak manusia, menjadikannya tempat yang benar-benar terjaga. 

Pulau Samber Gelap juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang memukau, mengundang banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk mengunjungi tempat ini. Diving dan snorkeling adalah kegiatan menarik yang biasa dilakukan di Pulau Samber Gelap. 

Kehadiran air laut yang jernih memberikan kesempatan unik untuk melihat beragam biota laut yang hidup di balik terumbu karang. Jadi, kunjungi Pulau Samber Gelap dan nikmati keajaiban alam bawah laut yang menakjubkan di Banjarmasin.

Lokasi: Sarakaman, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. 

Jam Operasional: Setiap Hari 24 jam. 

Harga Tiket Masuk: Gratis. 

source : https://www.youtube.com/@TRANSTVofficial

Itulah tadi 10 pantai di Banjarmasin yang recommended dan bisa kamu kunjungi Bersama keluarga ataupun teman. Berlibur ke Pantai memang cukup seru dan menyenangkan, menjadi pengalaman tersendiri yang unik. Pemandangan alamnya yang menakjubkan kerap menarik perhatian wisatawan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *