• February 29, 2024

7 Hewan Menyeramkan di Dunia, Ada Hewan Purba!

Hewan Menyeramkan di Dunia – Alam semeste selalu menyimpan sebuah keajaiban yang tidak pernah ada habisnya. Ada berbagai cara dari alam ini untuk menunjukkan sisi kehidupan dari segala mahluk yang singgah di dalamnya.

Setiap mahluk yang tinggal di alam semesta memiliki cirinya masing-masing, termasuk berbagai macam jenis hewan yang ada di bumi ini. Beberapa di antaranya memiliki sifat lembut dengan rupa yang terlihat cantik dan menggemaskan.

Sedangkan ada juga yang memiliki bentuk aneh dan memiliki sifat ramah. Di antara rupa dan sifat dari hewan yang ada di bumi ini pun terdapat berbagai macam bentuk yang meyeramkan hingga bersifat mematikan jika didekati.

Kali ini GoTravelly akan mengajak sobat traveler untuk mengenal lebih lanjut mengenai hewan-hewan menyeramkan yang ada di dunia ini. Mungkin saja suatu saat nanti kamu bertemu dengannya. Apakah kamu sudah bersiap untuk bertemu dengan hewan-hewan tersebut? yuk, simak!

Rupa Hewan Menyeramkan di Dunia

1. Black Flying Fox

black flying fox
flickr.com

Hewan menyeramkan di dunia pertama ini adalah sebuah mahluk bersayap yang habitat aslinya ada di Australia Utara dan Timur. Jika di Indonesia mungkin kita akan mengenalnya dengan sebutan kelelawar. Bagaimana, terlihat mirip bukan?

Binatang ini masuk ke dalam spesies rubah terbang paling besar yang ada di Australia. Black Flying Fox memiliki kemampuan terbang dengan kecepatan menjacapai 35 hingga 40 kilometer per jam. Bahkan saat mencari makan, hewan ini mampu menempuh jarak lebih dari 50 kilometer.

Ketika sayapnya dibentangkan lebarnya bisa mencapai lebih dari 1 meter. Fakta menarik sekaligus menyeramkan dari hewan di dunia ini untuk manusia adalah sifatnya yang membawa penyakit menular. Gigitan serta cakaran dari kelelawar ini bisa berakibat fatal.

2. Isopod Laut Raksasa

isopod laut hewan menyeramkan di dunia
flickr.com

Sobat GoTravelly, apakah kamu pernah membayangkan sebuah kutu berukuran raksasa di bumi ini? hewan yang satu ini merupakan salah satu kutu yang menyeramkan di dunia. Bentuknya yang besar bisa mencapai panjang sekitar 19 hingga 36 cm.

Jika melihat bentuknya sekilas, kamu mungkin akan mengira bahwa jenis binatang ini adalah serangga. Namun, ternyata Isopod merupakan jenis hewan akuatik atau krustasea yang berbadan keras. Tubuh Isopod sejenis dengan udang atau kepiting di laut yang memiliki lapisan cangkang kuat.

Binatang yang biasa tinggal di dasar perairan ini dikenal sebagai kutu luat yang menyeramkan karena tubuhnya seringkali ditemukan dengan ukuran abnormal. Sobat GoTravelly, apakah binatang yang satu ini tampak seperti alien menurutmu?

3. Ular Terbang

flying snakes
flickr.com

Bagaimana jika saat melakukan perjalanan jelajah, tiba-tiba kamu bertemu dengan ular yang terbang yang tidak jauh dari tempatmu berdiri? Bayangan tentang ular terbang mungkin terdengar seperti mimpi buruk untukmu yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Ternyata, di sudut dunia ini ular terbang ada dan nyata, bahkan salah satu habitatnya adalah negara kita, yakni Indonesia. Fakta yang dilansir dari National Geographic, ular terbang merupakan spesies yang tersebar di berbagai sudut hutan di Asia Selatan dan Tenggara.

Penyebutannya sebagai ular terbang, sebenarnya tidak merujuk pada kemampuan sebuah binatang yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan tubuh dengan aliran udara yang ada.

Pada dasaranya ular terbang tidak mampu mencapai ketinggian dengan cara terbang. Hewan yang satu ini lebih memiliki kemampuan menyerupai pesawat layang yang mampu menggunakan kecepatan jatuh bebas.

Ular terbang adalah istilah yang keliru, karena jika tidak ada aliran udara ke atas yang kuat, hewan-hewan ini tidak dapat mencapai ketinggian. Mereka adalah pesawat layang, yang menggunakan kecepatan jatuh bebas dan gerakan tubuh mereka untuk menangkap udara dan menghasilkan daya angkat.

Menariknya, ular-ular tersebut dulunya hanya terlehat memiliki gerakan yang menjatuhkan diri seperti penerjun payung. Namun kini hewan tersebut beradaptasi sehingga memiliki kemampuan lebih serupa dengan seorang pilot yang mengendalikan sebuah pesawat. Bagaimana, apakah menurutmu ular terbang merupakan hewan menyeramkan di dunia ini?

4. Northern Short-Tailed Shrew

norhtern short tailed shrew tikus ekor pendek
flickr.com

Hewan berikut ini mungkin akan terlihat biasa saja dan tidak bisa dikatakan sebagai binatang menyeramkan di dunia, bukan? namun jangan salah mengira, dibalik wajah dan bentuknya yang terlihat menggemaskan tersebut hewan ini memiliki kemampuan berburu mangsa yang luar biasa.

Northern Short- Tailed Shrew merupakan sebuah tikus dengan ekor pendek yang habitatnya tersebar di wilayah timur laut Amerika Utara. Tikus ini dikenal sebagai hewan dengan metabolisme tinggi yang mengharuskan mereka untuk makan dengan porsi yang banyak.

Porsi makan tikus berekor pendek ini bisa mencapai hingga tiga kali lipat dari berat normal mereka dalam sehari. Kondisi tersebutlah yang membuat si tikus mampu memburu berbagai hewan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari dirinya untuk dimangsa.

Saat memangsa, tikus berekor pendek menggunakan mulutnya yang bergigi untuk mengigit lawannya. Saat itulah, tikus akan mengeluarkan racuk pada mangsanya. Gigitan dari tikus ini cukup berbahaya untuk anjing atau kucing. Bahkan manusia pun bisa mengalami bengkak yang parah jika tergigit hewan yang satu ini.

5. Hiu Ghoblin

hiu ghoblin binatang paling menyeramkan di dunia
flickr.com

Hewan selanjutnya merupakan Hiu yang paling menyeramkan di dunia dan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu. Ikan ini dapat ditemukan di dalam laut dengan kedalaman lebih dari 2.000 kaki.

Hiu mampu memiliki panjang lebih dari 12 kaki dengan berat mencapai seperempat ton. Apakah kamu bisa membayangkannya? Habitatnya yang berada di laut dalam tersebut, perlu disyukuri karena tidak dekat dengan manusia, bahkan jarang terlihat oleh manusia.

Ikan ini berenang di lautan pantai Jepang hingga teluk Meksiko. Tubuhnya yang besar dengan wajah yang mengerikan, semakin menguatkan jikan Hiu Ghoblin adalah salah satu hewan menyeramkan di dunia ini. Saat mencari makan, hiu ini memanfaatkan hidungnya untuk mendeteksi medan listrik dari target mangsa yang akan diburunya.

6. Blobfish

blobfish ikan blob teraneh terjelek di dunia
flickr.com

Apakah sobat GoTravelly pernah melihat wajah ikan yang pernah viral di televisi maupun di media sosial ini? Blobfish atau ikan Blob tidak hanya menyandang julukan sebagai ikan jelek saja, melainkan memiliki gelar hewan paling jelek di dunia.

Bentuk wajahnya yang aneh tersebut dipercaya terjadi sebagai upaya adaptasi ikan tersebut dengan lingkungan mereka di bawah laut. Ikan Blob dapat ditemukan pada kedalaman 2.000 hingga 4.000 kaki.

Blobfish memiliki habitat di lepas pantai Australia. Tubuh ikan ini menyerupai gumpalan tanpa kerangka, tubuhnya tersebut memungkinkan mereka bertahan hidup dengan tekanan laut yang begitu dalam.

Ikan dengan wajah aneh ini biasanya hanya berenang dan mencari makan dengan melahap apapun yang mereka temukan di sekitarnya. Bagaimana, apakah ikan yang menyandang julukan terjelek ini cukup menyeramkan?

7. Shoebill Stork

shoebill stork
flickr.com

Hewan menyeramkan di dunia selanjutnya adalah seekor bangau. Meski menjadi salah satu hewan menyeramkan, namun Shoebill Stork tersebut tidak menimbulkan suatu ancaman. Saat ini bangau bertubuh besar tersebut seringkali menjadi objek dari para peneliti.

Di habitat aslinya, burung bangau ini adalah salah satu jenis bangau yang kuat. Paruhnya yang besar dengan bentuk menyerupai sepatu tersebut, menjadi salah satu senjata mematikan yang dimilikinya.

Saat melihat bangau ini, mungkin kamu tidak akan menyangka bahwa burung dengan tubuh ramping tersebut sangat kuat. Meski kurus, Shoebill Stork memiliki tinggi yang dapat mencapai lima kaki dengan lebar sayap tujuh kaki.

Lalu apa yang menyeramkan dari bangau tersebut? momen menyeramkan yang dapat kamu temukan dari hewan tersebut adalah ketika dirinya sedang memangsa. Ketika memburu mangsanya, Shoebill akan menjatuhkan diri dengan paruh yang terbuka untuk menjebak mangsanya secara utuh.

Lalu tidak lama kemudian, bangau tersebut akan memenggal kepala si mangsa dengan paruhnya yang tajam. Bangau berwarna abu-abu ini dikenal sangat pemberani, bahkan dirinya mampu melawan buaya dewasa.

Shoebill Stork merupakan salah satu jenis burung purba yang hingga saat ini masih bertahan hidup. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melihat lalu mendengar suara bangau yang sering menyerupai letusan senapan tersebut?

source: https://www.youtube.com/@CalonSarjanaOfficial

Sobat GoTravelly, itulah deretan hewan menyeramkan di dunia yang bisa kamu kenali. Bagaimana, apakah menurutmu beberapa hewan di atas tersebut membuatmu takut dan khawatir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *