• February 23, 2024

Aneka Atraksi, Wisata Kuliner dan Aktifitas Menarik

Review Kalijodo Park – Keberadaan RPTRA (Ruang Publik Ramah Terpadu Ramah Anak) dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo telah memberi wajah baru bagi daerah Kalijodo. Area yang berada di bantaran banjir kanal timur ini memang sangat lekat dengan tingginya angka kriminalitas dan kumuh di masa lalu.

Taman Kalijodo (Jakarta)
Taman Kalijodo (Jakarta)

Tepat di tahun 2016, Pemkot Jakarta memutuskan untuk melakukan penggusuran dan merubah ruang di area tersebut menjadi taman kota. Perubahan wajah dari Kalijodo inilah yang menjadikan Kalijodo Park sebagai primadona warga ibukota untuk berwisata di akhir pekan.

Kalijodo Park yang diresmikan pada 22 Februari 2017 ini, berdiri di atas lahan 1,4 hektar dan berlokasi tepat di samping Sungai Krendang. Secara garis besar, Kalijodo Park adalah salah satu taman terbuka yang ada di kota Jakarta yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Betapa tidak, tersedia cukup banyak fasilitas lengkap yang menunjang aktifitas anak dan keluarga yang berkunjing. Sebut saja area bermain ramah anak, taman, hingga pujasera yang bisa didatangi saat berkunjung ke Kalijodoo Park.

Berikut adalah review lengkap tentang Kalijodo Park yang bisa menjadi referensi liburan kamu akhir pekan ini.

Taman Kalijodo Malam Hari – @backpackerjakarta

Daya Tarik Utama Kalijodo Park

Alamat : Jl. Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11330
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 16.30 WIB

Setelah penggusuran warga daerah Kalijodo yang kini direlokasikan ke beberapa rusun yang ada di Kota Jakarta, daerah ini langsung berubah menjadi taman dengan konsep semi natural. Taman semi natural sendiri adalah konsep taman yang menyatukan konsep perkotaan dan taman itu sendiri.

Area Santai Kalijodo Park

Kalijodo Park terbagi menjadi dua bagian yaitu RTH dan RPTRA. Dengan empat area yang menjadi daya tarik utama yaitu taman hijau, taman bermain, taman skateboard bertaraf internasional, dan amfiteater.

Taman Hijau

Sebagai salah satu taman kota, Kalijodo Park tak akan lepas dari keberadaaan tanaman hijau. Mulai dari rerumputan yang menjadi alas di beberapa area dan pepohonan rindang yang menjadi menjadi atap alami kala siang hari. Daya tarik utama dari area ini adalah adanya ruang serbaguna terbuka dengan atap tembus pandang. Tepat di bagian tengah atap yang transparan, ditanami pepohonan pada bagian tengahnya. Hal ini sangat berguna untuk menambah sejuknya angin yang masuk ke area tersebut.

Taman Bermain

Sebenarnya hampir semua area di Kalijodo Park aman untuk dijadikan area bermain anak-anak. Namun area khusus pada bagian kanan dekat pintu utama, diperuntukan sebagai arena bermain anak layaknya playground pada umumnya. Di space ini dibangun beberapa perosotan melingkar hingga ayunan yang dihias dengan aneka warna yang mencolok.

Taman Bermain Anak

Amfiteater Mural

Kawasan ini terasa begitu hidup dan menarik adalah adanya amfiteater mural. Gelanggang terbuka atau biasa disebut amifiteater ini berada di samping ruangan serba guna dan dikelilingi oleh tembok sepanjang 23 meter.

Amfiteater Mural

Dinding yang menjadi pemisah antara kawasan RPTRA dengan RTH ini diisi dengan berbagai mural cantik hasil karya dari seniman mural di Tanah Air. Setidaknya ada 10 muralis terkenal yang pernah menorehkan karyanya di sini. Tak heran kalau tempat ini, selain bisa dijadikan tempat pertunjukan, juga bisa dijadikan sebagai latar foto bagi para pengunjung.

Taman Skateboard dan BMX

Selain menyediakan taman bermain dan ruang terbuka hijau, Kalijodo Park juga memiliki area khusus untuk bermain skateboard dan BMX yang berstandar Asia. Biasanya pada siang atau sore hari, ada banyak skater professional juga ikut berlatih di sini. Kebanyakan mereka mengakui bahwa mini ramp, half pipie, rail, downrail, pool, hingga funbox yang dimiliki tempat ini lebih nyaman dari tempat lain yang menyediakan taman skateboard yang serupa. Buat kamu yang menyukai olahraga ekstrim ini kamu bisa mencoba area BMX yang dibangun mengelilingi area skateboard. Di area ini kamu juga bisa melatih skill keseimbangan tubuh di pump track.

Aktifitas Menarik di Kalijodo Park

Kalijodo Park dibangun bukan hanya sebagai tempat rekreasi semata. Selain tersedianya lahan untuk bermain skateboard dan BMX, nyatanya tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain untuk menunjang aktifitas pengunjungnya.

Berolahraga

Ada cukup banyak warga lokal dan pengunjung dari luar daerah yang melakukan olahraga setiap pagi dan sore. Salah satunya adalah jogging. Demi menunjang aktifitas tersebut, pihak pengelola menyediakan jogging track dengan lebar 1,5 meter dan panjang ratusan meter.

Area Olahraga di Kalijodo Park – Kompas

Selain digunakan untuk olahraga jogging, track ini juga bisa digunakan untuk olahraga lainnya seperti bersepeda atau bersepatu roda. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kalijodo Park untuk bersepeda atau bersepatu roda, namun tidak membawa peralatan, tenang saja. Kalijodo Park menyediakan jasa penyewaannya. kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per item.

Beberapa fasilitas umum yang ada di Kalijodo Park nyatanya bisa digunakan untuk workout, loh. Keberadaan tiang-tiang besi yang berdiri kokoh di berbagai area Kalijodo Park, bisa kamu gunakan untuk workout. Nah, bagi kamu penikmat olahraga aktif seperti sepak bola, pihak Kalijodo Park menyediakan lapangan futsal yang bisa disewakan per jam.

Berolahraga di Taman Kalijodo – Detik

Wisata Edukasi

Kawasan RPTRA Kalijodo Park menyediakan sebuah perpustakaan dengan taman bermain di sampingnya. Perpustakaan ini berada tak jauh dari lapangan futsal dan bersebelahan dengan ruang laktasi. Perpustakaannya memang tak begitu luas, namun ramai pengunjung. Berhubung area ini berada di bagian ruang ramah anak, maka buku di sini juga didominasi oleh bacaan anak.

Pihak pengelola juga menyediakan permainan balok untuk menstimulasi kreatifitas anak. Tak hanya itu, ada juga taman bermain yang didominasi dengan warna menarik juga menjadi tempat favorit banyak keluarga untuk menghabiskan sore hari di sana. Di tempat ini, anak-anak bisa bermain jungkat jungkit, perosotan, atau ayunan dengan leluasa. Untuk memasuki perpustakaan, kamu diwajibkan untuk mengisi buku tamu terlebuh dahulu tanpa dikenakan biaya apapun.

Perpustakaan Kalijodo – Liputan 6

Di sisi utara RPTRA, terdapat monument bernama Sumur. Monument ini sendiri menggambarkan filosofi Kalijodo pada tahun 1950-an yaitu, sebagai tempat mencari jodoh. Cocok untuk kamu yang suka berwisata dengan tematik sejarah.

Mengabadikan Momen

Selain berolahraga dan berwisata edukasi, ada banyak pengunjung yang ingin mengabadikan momen selama berwisata di Kalijodo Park. Sebut saja mengambil momen foro di amfiteater yang berisi mural dari banyak muralis terkenal Indonesia, hingga berfoto dengan beragam karakter unik.

Pada hari libur atau sore hari, ada atraksi khusus dari seniman jalanan daerah Kalijodo park. Mereka biasanya berdanda karakter unik seperti doraemon, transformer, badut, hingga hantu-hantuan. Kamu bisa mengabadikan moment ini dengan membayar seikhlasnya saja loh.

Bermain Wahana

Selain disediakan wahana bermain gratis, Kalijodo Park juga menyediakan beberapa wahana yang dikelola oleh masyarakat sekitar seperti atraksi becak mini. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per 20 menit, kamu bisa menggunakan becak mini untuk mengelilingi Kalijodo Park sambil menghirup udara segar.

Wahana Bermain Anak – Berita Jakarta

Pihak pengelola Kalijodo Park benar-benar memikirkan ruang lingkup yang multifungsi berkat adanya jalan kecil yang dibangun di area tersebut. Selain bisa digunakan untuk olahraga, jalanan ini juga bisa digunakan sebagai arena bermain motor listrik oleh anak-anak di sana.

Untuk harga sewanya sendiri dibandrol dengan harga Rp 20.000 per 20 menit dan Rp 20.000 per 15 menit untuk penyewaan motor trail. Buat kamu penyuka olahraga ekstrim, Kalijodo Park juga menyediakan wahana flying fox yang memiliki lintasan sepanjang 50 meter yang siap untuk menguji nyali kamu.

Flying Fox Kalijodo – Harga Tiket

Wisata Kuliner di Dekat Kalijodo

Setelah puas bermain di beberapa spot atraktif di Kalijodo Park, kini saatnya untuk memanjakan lidah dan perut sambil menikmati suasana syahdu di tempat ini. Berikut adalah beberapa refrensi tempat makan baik area sekitar Kalijodo Park hingga di luar tempat wisata unik ini.

Kalijodo Pujasera

Kalijodo Pujasera – Suara

Ada banyak makanan khas Betawi yang bisa kamu pesan di sini mulai dari kerak telor hingga kembang goyang. Tak hanya kuliner khas Betawi, Kalijodo Park Pujasera juga menjual menu nasional seperti kopi tubruk, bakso, atau nasi goreng. Nah, karena dikelola secara mandiri oleh masyarakat, maka baik harga hingga rasanya sangatlah bersahabat.

Nasi Goreng Seafood (Ko Gun)

Nasi Goreng Seafood (Ko Gun) – Go Food

Sebelum populer sebagai tempat muda-mudi mencari pasangan di tahun 1950-an, Kalijodo terkenal sebagai pemukiman Tionghoa. Tak heran kalau ada banyak resto hingga kedai dengan aksen Tionghoa di sana. Salah satunya adalah Nasi Goreng Seafood (Ko Gun) yang 100 % halal dan buka 24 jam, loh. Tempat makan ini bisa dikatakan sebagai hidden gem karena berada di jalan sempit. Untuk menunya sendiri ada aneka olahan mie dan bihun yang bisa dinikmati mulai dari harga Rp 19.000- Rp 35.000 untuk variasi menu spesialnya. Cukup murah bukan?

Bubur Angke Thi

Bubur Angke Thi (httpfoo.ga)
Bubur Angke Thi (httpfoo.ga)

Pecinta bubur ayam pasti tidak asing dengan nama Bubur Ayam Angke Thi yang berlokasi di Kompleks Taman Harapan Indah Blok BB No. 4, Jalan Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat. Resto yang berjarak 3 menit ini menyediakan aneka olahan bubur yang dijamin menggugah selera. Uniknya, restoran ini memiliki menu bubur dengan ayam rebus sebagai topingnya. Perpaduan apik antara juicy-nya ayam rebus dengan tekstur bubur yang gurih, menjadikan menu ini paling banyak digemari.

Nasi Ambon

Nasi Ambon Kalijodo (eigen)
Nasi Ambon Kalijodo (eigen)

Berjarak 4 menit dari Kalijodo Park, warteg yang berada di depan pohon Ambon ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Uniknya, tempat makan ini hanya menyediakan nasi uduk bukan nasi polos seperti kebanyakan warteg. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 15.000- Rp 25.000, kamu bisa menikmati sepiring nasi uduk dengan lauk pauk khas warteg

In Suki Restaurant

In Suki Restaurant – Foursquare

Suasana resto klasik tahun 1980-an sangat kental terasa saat kamu memasuki tempat ini. Nostalgia masa lalu juga disediakan oleh pihak pengelola lewat layanan karoke yang sayang untuk dilewatkan. Selain terkenal dengan varian sukinya, resto ini juga terkenal dengan menu nasi kuning yang dijamin banyak dan gurih. Kamu bisa menikmati sepiring nasi kuning komplit ini dengan harga Rp 60.000 saja.

Demikianlah review singkat tentang Kalijodo Park yang merupakan ikon wisata baru di Jakarta. Kalau mau liburan ke Ibukota, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini:

By The Sea PIK: Destinasi Fashion Lokal Teranyar di Jakarta

Pintu Masuk By The Sea PIK (kompas)
Pintu Masuk By The Sea PIK (kompas)

Faunaland Ancol: Surga Pet Lover Terbaik di Tanah Ibukota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *