• March 1, 2024

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Anda Berani Hiking?

Pulau Jawa, dengan lanskapnya yang beragam dan penuh keindahan alam, menawarkan pengalaman mendaki gunung yang tak terlupakan. Di antara sekian banyak puncak yang menjulang tinggi, beberapa gunung menjadi destinasi favorit pendaki. Pendaki yang mencari tantangan sekaligus keindahan pemandangan yang menakjubkan. Berikut adalah daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa yang patut dijadikan pilihan untuk petualangan mendaki:

9 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa :

1. Gunung Semeru: Mengungkap Keajaiban Alam Mahameru

gunung semeru
haibunda.com

Gunung Semeru, dengan dominasi keindahan alamnya, berada di antara dua kabupaten, Malang dan Lumajang, di Jawa Timur. Lokasinya yang bersebelahan dengan Pegunungan Tengger menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dari Taman Wisata Bromo-Tengger-Semeru. Suatu kawasan yang mendokumentasikan keajaiban alam Indonesia. Padang Oro-oro Ombo, dengan tanaman berwarna ungu di musim tertentu, dan padang edelweis adalah bagian dari pesona alam Gunung Semeru.

Puncak Mahameru, yang menjadi bagian dari gunung ini, bukan hanya sekadar ketinggian fisik. Keindahan alamnya terpancar melalui kawah Jonggring Saloko, menambah daya tarik bagi para pendaki dan pencinta alam. Dengan pemandangan yang mencakup hamparan tanah tinggi yang memukau, Gunung Semeru mengundang para petualang untuk menyelami keunikan alamnya.

2. Gunung Slamet: Menjelajahi Puncak Tertinggi Jawa Tengah

gunung slamet
krjogja.com

Gunung Slamet, dengan ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut. Memegang predikat gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menjadi yang kedua tertinggi di Pulau Jawa. Dengan julukan “Atap Jawa Tengah,” gunung ini menjadi ikon alam yang menonjol di tengah kekayaan alam pulau yang megah.

Pendakian menuju Puncak Surono di Gunung Slamet membutuhkan kewaspadaan ekstra karena jalurnya yang ekstrem. Penggunaan trekking pole menjadi penting untuk menjelajahi rute yang menantang. Puncak Gunung Slamet memberikan pemandangan memukau, terutama panorama kawah Segoro Wedi yang masih aktif mengeluarkan gas belerang. Keberadaan kawah ini menambah dimensi petualangan dan keunikan bagi mereka yang memutuskan untuk menaklukkan puncak gunung ini.

Dua gunung megah ini, Semeru dan Slamet, menyajikan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

3. Gunung Sumbing: Menapaki Puncak Tertinggi Ketiga di Pulau Jawa

gunung sumbing
batu.jatimnetwork.com

Gunung Sumbing, dengan prestasinya sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Menjulang dengan ketinggian mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut. Keberadaan gunung ini mencakup empat kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Purworejo. Seperti yang tercatat dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Perjalanan menuju puncak Gunung Sumbing membawa pendaki melalui jalur yang menantang, terdiri dari trek tanah yang bercampur pasir. Dengan rute ini, para pendaki akan menemui dua puncak Dusun Butuh, yakni Puncak Sejati dan Puncak Selo Konten. Pemandangan indah di sepanjang perjalanan ini dan keunikan dua puncak tersebut menambah daya tarik gunung ini.

4. Gunung Arjuno: Melangkah di Atas Gunung Api yang Aktif

gunung arjuno
timenews.co.id

Gunung Arjuno, sebuah gunung api aktif yang menjulang di Malang, Jawa Timur. Mempesona dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut. Kecantikan alamnya dapat diakses dari berbagai arah. Termasuk dari utara (Tretes) melalui Gunung Welirang, arah timur (Lawang), arah barat (Batu Selekta), dan utara (Karangploso). Kaya akan objek wisata, salah satu daya tarik utama adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo.

Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, sebagai sepasang gunung yang berdekatan, memperkaya kawasan sekitarnya dengan keanekaragaman hayati. Wilayah lereng gunung ini, mencakup kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Sebagian besar dari wilayah ini digunakan untuk lahan pertanian, menunjukkan perpaduan harmonis antara manusia dan alam.

Gunung Sumbing dan Gunung Arjuno, menambahkan warna dan variasi dalam peta destinasi pendakian di Pulau Jawa. Setiap langkah mendaki membawa petualang lebih dekat dengan keajaiban alam dan sejarah yang tercermin dalam kemegahan dua gunung ini.

5. Gunung Raung: Petualangan di Gugusan Pegunungan Ijen yang Megah

gunung raung
kumparan.com

Gunung Raung, sebuah gunung api megah setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut. Memancarkan pesona alamnya di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Keberadaan empat puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati, menambah keunikannya.

Puncak tertinggi, Puncak Sejati, mencapai ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut. Menjadikan Gunung Raung sebagai gunung tertinggi di gugusan Pegunungan Ijen. Dengan setiap puncaknya, Gunung Raung mengajak para pendaki untuk mengeksplorasi keberagaman lanskap dan keajaiban alam yang tersembunyi di setiap tikungan.

6. Gunung Lawu: Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

gunung lawu
travel.kompas.com

Gunung Lawu, yang menjulang di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mempesona dengan Puncak Hargo Dumilah yang mencapai ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut. Destinasi ini menjadi saksi bisu dari keindahan alam yang kaya dan beragam.

Gunung Lawu tidak hanya menawarkan petualangan mendaki, tetapi juga sejumlah destinasi wisata yang menarik. Air terjun Grojogan Sewu, Cemoro Sewu, Candi Sukuh, Cetho, Sarangan menjadi pilihan menarik bagi yang ingin mengeksplorasi alam.

7. Gunung Welirang: Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

gunung welirang
travel.okezone.com

Gunung Welirang, sebagai saudara kembar Gunung Arjuno, menjadi destinasi pendakian yang menarik. Kompleks ini memungkinkan pendaki untuk menjelajahi dua gunung sekaligus, menambah variasi dan keunikan petualangan. Selama mendaki Gunung Welirang, pendaki bahkan dapat berpapasan dengan warga yang menjalankan profesi sebagai penambang belerang.

Pendaki yang menjelajahi Gunung Welirang juga dapat berinteraksi dengan para penambang belerang. Memberikan kesempatan untuk memahami kehidupan sehari-hari dan pekerjaan mereka. Memberikan penghormatan dengan memberikan jalan terlebih dahulu menjadi wujud rasa saling menghargai di antara pengunjung gunung dan komunitas lokal. Gunung Welirang, tidak hanya menjadi destinasi pendakian tetapi juga sebuah pengalaman budaya yang mendalam di tengah keindahan alam Jawa Timur.

8. Gunung Merbabu: Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

gunung merbabu
jateng.solopos.com

Gunung Merbabu, yang menjulang di tiga kabupaten, Magelang, Semarang, dan Boyolali, merupakan destinasi pendakian yang menarik di Jawa Tengah. Dengan ketinggian mencapai 3.145 meter di atas permukaan laut, gunung ini dikenal sebagai gunung tertinggi ketiga di provinsi tersebut. Mengundang para petualang untuk menjelajahi pesonanya.

Gunung Merbabu menyajikan lima jalur pendakian resmi, yaitu jalur Selo-Boyolali, Suwanting-Magelang, Wekas-Magelang, Cuntel-Semarang, dan Thelekan-Semarang. Masing-masing jalur memberikan pengalaman pendakian yang unik, memungkinkan para pendaki untuk mengeksplorasi keanekaragaman lanskap alam di sepanjang perjalanan mereka.

Di Puncak Kenteng Songo, pendaki tidak hanya disuguhkan dengan prestise mencapai puncak. Tetapi juga diberikan hadiah indah berupa pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang menakjubkan. Keindahan panorama alam yang terhampar di puncak ini menjadi bukti betapa Gunung Merbabu memanjakan para penjelajah.

9. Gunung Sindoro: Petualangan di Dekat Kota Temanggung (Gunung Tertinggi di Pulau Jawa)

gunung sindoro
jateng.idntimes.com

Gunung Sindoro, yang berdiri gagah di dekat Kota Temanggung, Jawa Tengah, menjadi destinasi menarik lainnya di Pulau Jawa. Dengan tinggi mencapai 3.136 meter di atas permukaan laut, gunung ini masuk dalam kategori gunung api aktif.

source : https://www.youtube.com/@fiersabesari

Pendakian ke Gunung Sindoro dapat dimulai dari beberapa daerah, seperti Parakan, Garung, Tambi, Kretek, dan Kledung. Saat mendaki pada ketinggian 2.210 meter di atas permukaan laut, para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan memukau ke arah Dieng, yang melibatkan Gunung Bisma, Gunung Sroja, Gunung Tlerep, dan Gunung Butak. Keunikan setiap rute pendakian dan pemandangan indah yang terbentang di sepanjang perjalanan menjadikan Gunung Sindoro sebagai destinasi yang memikat para pencinta alam dan petualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *