• March 1, 2024

Makanan Khas Internasional, Kenali Cita Rasa Mendunia!

Sobat GoTravelly, bersiaplah untuk mengenal makanan khas internasional yang telah memberi banyak pengaruh perjalanan kuliner di seluruh penjuru dunia. Makanan internasional merupakan label untuk sebuah hidangan yang dikenal dari negara lain. Makanan berikut ini disepakati oleh dunia sebagai makanan khas dari suatu negara.

makanan khas internasional
unsplash.com

Nah, kali ini GoTravelly akan membagikan informasi mengenai makanan khas internasional yang ada. Saat membaca ulasan berikut ini, kamu akan bertemu dengan berbagai macam menu hidangan mulai dari yang sederhana hingga yang terjual dengan harga melejit. Yuk, cari tahu cita rasa mendunia bersama GoTravelly berikut ini.

Makanan Khas Internasional

1. Pizza – Italia

pizza
unsplash.com

Siapa sih yang tak mengenal makanan yang satu ini? meski mungkin saja ada yang belum pernah mencobanya, namun Pizza tentu sudah menjadi varian makanan yang tak asing lagi bagi banyak orang.

Makanan berikut ini memiliki perjalanan sejarahnya sendiri loh. Dilansir dari Taste Atlas, Pizza memiliki kisahnya tersendiri dan telah ada sejak zaman kuno. Jika kamu mengenal Pizza sebagai roti berbentuk pipih yang dipanggang maka asalnya akan dikatakan dari Timur Tengah.

Sedangkan jika pizza pipih tersebut ditambahkan berbagai macam topping dengan bumbu lokal, asalnya pun sudah berganti dikatakan sebagai makanan yang berasal dari zaman Romawi serta Yunani Kuno. Perjalanan selanjutnya mengenai asal muasal Pizza pun pada akhirnya berhenti di Italia.

Pizza yang kita kenal sampai saat ini, adalah sebuah roti panggang yang diberi saus tomat, keju, serta berbagai jenis topping. Hingga kini makanan tersebut menjadi salah satu varian menu khas Internasional yang diakui oleh dunia. Pizza dengan topping apa nih yang jadi favoritmu?

2. Sushi – Jepang

sushi
unsplash.com

Makanan khas Internasional berikutnya ini merupakan sebuah menu yang berasal dari Jepang. Sushi adalah salah satu varian makanan yang terkenal, hingga mendapatkan predikat sebagai makanan terlezat di dunia loh.

Meski tampak sederhana, dimana hanya sajian nasi yang ditambahkan dengan isian dan digulung bersama lembaran rumput kering, namun Sushi seringkali berhasil mencuri minat para pecinta kuliner.

Bahan utama dalam pembuatan menu khas Jepang berikut ini terletak pada nasi cuka. Penggunaan istilah Sushi dalam sebuah sajian, mencakup berbagai varietas yang dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan dan dalam berbagai bentuk serta cara menyajikannya.

Mengenal sedikit lebih jauh mengenai Sushi, ternyata makanan yang satu ini awal mulanya adalah sebuah metode pengawetan ikan yang dikembangkan di Asia Tenggara loh. Sampai pada perjalanan, di mana beras tidak lagi difermentasi tetapi justru diberi cuka dan dimakan bersama ikan.

Hingga saat ini sushi telah menjadi makanan khas Jepang sejak abad ke-19. Ada banyak varian sushi yang dapat kamu temui hingga detik ini. Tak sekadar menggunakan ikan saja, sushi telah berevolusi dengan bahan makanan lainnya, seperti daging hinga berbagai macam sayuran, baik mentah atau dimasak terlebih dahulu. Jadi lapar ya sobat GoTravelly? kalau kamu ingin rekomendasi restoran sushi, cek di sini aja ya!

3. Taco – Mexico

taco
freepik.com

Berikutnya ada makanan berasal dari Meksiko yang cukup popular di banyak negara, termasuk Indonesia. Makanan yang satu ini merupakan kuliner khas nasional yang menurut sejarahnya telah ada sejak abad ke-18.

Penamaan Taco diambil dari sebuah kata tacos de minero atau taco penambang. Mulanya Taco merupakan sebuah kata yang mengacu kepada bubuk mesiu yang dibungkus dengan selembar kertas yang digunakan untuk menggali bijih penambangan di masa itu. Unik ya?

Saat ini Taco justru kita kenal sebagai nama sebuah makanan dengan bentuk sajiannya yang khas. Sebagai salah satu varian jajanan street food, Taco adalah makanan cepat saji yang banyak disukai oleh orang.

Makanan berikut ini terdiri dari selembar tortilla tipis yang dipanggang di atas wajan datar. Tortilla tersebut biasanya diisi dengan banyak isian, seperti irisan bawang, salsa, guacamole, irisan jeruk nipis, dan irisan daging.

Setiap daerah di Meksiko memiliki ciri khas masing-masing untuk menyajikan hidangan yang satu ini. Isian tortilla tak terbatas dengan bahan yang telah disebutkan sebelumnya. Di beberapa kota lain, ada juga yang membuat Taco dengan menambahkan ikan goreng, kubis, dan saus asam.

4. Eclair – Prancis

eclair
freepik.com

Sobat GoTravelly, kamu pecinta rasa legit? kenalin deh, ada kue manis dengan bentuk memanjang yang enak dari Prancis. Membicarakan soal kulineran dari negara yang satu ini, tentu saja tidak akan bisa selesai dalam waktu yang singkat. Ada banyak fakta menarik makanan yang dapat kamu simak di sini.

Eclair menjadi salah satu varian makanan khas internasional Prancis yang telah mendunia dan banyak dicari oleh pecinta kue. Kue ini berbentuk panjang dengan glasir yang selalu menarik pandangan.

Tekstur Eclair renyah di bagian luar, namun saat digigit kamu dapat merasakan sensasi berbeda, selembut adonan di dalamnya. Tak hanya itu saja, kamu akan menemukan isian manis dan lembut pada bagian tengah Eclair.

Kue tradisional berikut ini diyakini telah ada sejak pergantian abad ke-20. Fakta menarik lainnya, resep tertua untuk Eclair telah tersimpan di Boston Cooking School Cook Book yang terbit pada tahun 1884. Kini, Eclair menjadi kue yang telah banyak berevolusi dengan rasa yang semakin beragam.

5. Pho – Vietnam

pho kuliner khas vietnam
unsplash.com

Saat membicarakan soal menu makanan varian mie, kita selalu mengingat udon atau ramen dari Jepang, bukan? sebagai pecinta mie, sepertinya kamu juga harus mengenal sup mie bernama Pho yang berasal dari Vietnam berikut ini.

Pho merupakan hidangan nasional yang dapat dengan mudah kita temukan di negara tersebut sebagai menu makanan rumahan, jajajan kaki lima hingga makanan street food. Mie dengan kuah kaldu bening dari Vietnam ini tampak sangat sederhana.

Meski tampilannya sederhana, Pho justru menawarkan cita rasa yang unik dan kompleks. Secara tradisional, Pho menggunakan bahan dasar kaldu untuk cita rasa utamanya. Kaldu yang digunakan bisa dari daging ayam atau pun sapi dan di masak sekurangnya selama 3 jam.

Kuah kaldu tersebut kemudian ditambah dengan beragam rempah-rempah lokal hingga menciptakan rasa serta aromatik light yang enak. Saat menyajikan sup mie berikut ini, biasanya ditambahkan dengan irisan daging sapi dan tauge yang masih bertekstur renyah. Sudah kebayang belum, enaknya makanan khas internasional satu ini?

6. Kari – India

kari india
unsplash.com

Sajian bernama Kari merupakan salah satu makanan khas internasional mendunia selanjutnya yang berasal dari India. Penamaan Kari berasal dari kata Tamil Kari yang artinya saus atau kuah. Istilah tersebut menunjuk ke pada segala hidangan yang dibuat dengan saus encer, tampilannya merujuk pada sup yang dibumbui.

Saat ini, Kari menjadi menu kuliner global yang telah tersebar di banyak negara, seperti Indonesia, Malaysia, Jepang, Afrika Selatan, Jerman, Singapura, Inggris, dan masih banyak lainnya. Sebagai menu makanan yang telah diakui oleh banyak negara, membuat Kari memiliki bentuk sajian yang semakin penuh kreasi.

Namun, bagaimana pun Kari tetaplah sebuah hidangan dengan tekstur kuah kental dan memiliki aroma rempah tajam yang sangat khas. Bumbu Kari dapat dicampur dengan berbagai macam bahan masakan, seperti daging, bawang bombay, tomat, cabai, daging ayam, kentang, dll.

Fakta menariknya, Kari adalah salah satu menu kuliner yang menyehatkan karena mengandung kunyit. Di mana kunyit dikenal memiliki kandungan kurkumin yang mampu mencegah banyak penyakit.

source: https://www.youtube.com/@CreativeTravelGuide

Sobat GoTravelly, itulah beberapa makanan khas Internasional yang mendunia. Menurutmu apalagi ya yang menarik untuk dibahas seputar kuliner? Jangan lupa jadikan GoTravelly sebagai teman perjalananmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *