• February 23, 2024

Oleh Oleh Khas Tuban, ada yang Terbuat Dari Tanah Liat!

Dikenal memiliki deretan wisata pantai yang indah, Tuban tidak pernah sepi pengunjung. Kawasan yang satu ini menjadi tujuan favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Saat memutuskan untuk berlibur ke Tuban, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Terdapat banyak pilihan oleh oleh khas Tuban, salah satunya adalah makanan yang dibuat dari tanah liat. Penasaran? Berikut daftarnya. 

11 Oleh Oleh Khas Tuban :  

1. Ampo

ampo
travel.okezone.com

Pernah mencoba makanan yang dibuat dari tanah liat? Jika belum, tidak ada salahnya jika kamu mencoba ampo saat datang ke Tuban. Ampo merupakan makanan unik yang juga kerap diburu sebagai oleh oleh khas Tuban. Makanan ini sekilas tampak mirip dengan stik cokelat, padahal sebenarnya merupakan tanah liat. 

Saat mencoba ampo, kamu akan dimanjakan dengan rasa gurih dan mirip dengan kacang tanah. Tidak hanya dikenal unik, ampo juga dikenal kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Salah satu khasiat dari ampo adalah dipercaya dapat menguatkan kandungan.

Ampo dapat dengan mudah kamu jumpai di beberapa toko atau pusat oleh oleh di Tuban. Makanan yang satu ini dijual dengan kemasan praktis serta harga yang terjangkau. Cocok kamu pilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah. 

2. Dumbek

dumbek
jatim.idntimes.com

Tidak kalah unik dari ampo yang dibuat dari tanah liat, dumbek juga menjadi makanan yang paling banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Makanan sekaligus oleh oleh khas Tuban ini dikenal dengan tampilannya yang unik yakni menyerupai terompet. 

Dumbek dibuat dengan menggunakan campuran beberapa bahan diantaranya gula merah, parutan kelapa, tepung beras, santan, garam, serta daun pandan. Saat mencobanya, kamu dapat merasakan sensasi gurih dengan tekstur yang khas. Adonan dumbek dibungkus menggunakan daun siwalan atau lontar di bagian luarnya. Hal itulah yang menjadi keunikan serta daya tarik tersendiri. 

Tidak perlu takut mahal, dumbek hanya dibandrol mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 3.000,- per biji. Terjangkau bukan? 

3. Buah Siwalan

buah siwalan
umsu.ac.id

Datang ke Tuban, kurang lengkap rasanya jika tidak berburu buah siwalan. Buah yang satu ini sangat mudah dijumpai di Tuban. Dengan tekstur lembut serta rasa manis yang khas, buah ini berhasil membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. 

Jika dilihat sekilas, bentuk buah siwalan hampir sama dengan kolang kaling. Tidak jarang buah siwalan dipilih sebagai pelengkap untuk menikmati es, pudding, dan dessert lainnya. 

4. Ikan Asin Tuban

ikan asin
tribunjabartravel.tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah mengetahui bahwa Tuban memiliki letak geografis yang dekat dengan pantai. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu dapat menjumpai banyak olahan ikan laut salah satunya adalah ikan asin. 

Terdapat cukup banyak jenis ikan asin yang dapat kamu pilih sesuai selera. Bebagai ikan asin diolah tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup beragam tergantung jenis serta ukuran ikan asin. Karena mampu bertahan lama, ikan asin khas Tuban tentu cocok kamu pilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. 

5. Kecap Laron

kecap laron

Membawa pulang oleh oleh khas Tuban berupa bahan masakan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain ikan asin, kamu juga dapat membeli Kecap Laron untuk dibawa pulang. Konon, kecap yang satu ini memiliki kenikmatan yang berbeda dengan kecap lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika Kecap Laron banyak diburu baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Tuban. 

Tekstur Kecap Laron juga dikenal lebih kental dari kecap lainnya. Kamu dapat menjumpai kecap ini di toko oleh oleh atau toko sembako di Tuban. Tidak perlu takut mahal, Kecap Laron hanya dibandrol mulai Rp 10.000,- per kemasan. 

6. Legen

legen
lifestyle.okezone.com

Pernah mendengar sebutan legen? Legen merupakan minuman sekaligus oleh oleh khas Tuban yang wajib kamu coba. Minuman yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa sari pohon siwalan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa khas yakni perpaduan asam dan manis yang khas. 

Satu botol legen dibandrol dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 3.000,-. Selain menyegarkan, minuman ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Saat datang ke Tuban, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan berburu legen untuk dibawa pulang.

7. Terasi Udang

terasi udang
bukalapak.com

Selain memiliki olahan ikan asin yang khas, Tuban juga dikenal memiliki terasi dengan aroma serta rasa yang nikmat. Terasi udang tidak jarang diburu wisatawan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Sesuai dengan sebutannya, bahan masakan ini dibuat dengan campuran udang. 

Terasi udang khas Tuban dijual dengan harga yang cukup beragam, tergantung kualitas serta ukuran. Biasanya, terasi dibandrol mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 25.000,-. 

8. Cumi Crispy

cumi crispy
tokopedia.com

Ada banyak olahan hasil laut yang cocok dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Tuban, salah satunya adalah cumi crispy. Sesuai dengan sebutannya, cumi diolah hingga menghasilkan tekstur yang crispy dan renyah. Saat berkunjung ke Tuban, kamu akan dengan mudah menjumpai olahan cumi crispy di berbagai toko atau pusat oleh oleh. 

Selain cumi crispy original, kamu juga dapat mencoba varian pedasnya. Kemasan praktis dan menarik yang ditawarkan tentu menjadikan makanan ini sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Biasanya, cumi crispy dibandrol dengan harga sekitar Rp 30.000,- per kemasan. 

9. Oleh oleh Khas Tuban : Kerupuk Ikan

kerupuk ikan tuban
shopee.co.id

Selain olahan cumi crispy, kerupuk ikan juga menjadi jajanan lezat sekaligus oleh oleh khas Tuban yang menarik untuk kamu bawa pulang. Kerupuk ikan khas Tuban memiliki aroma serta rasa yang khas. Selain cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan, kerupuk ikan juga cocok disajikan sebagai pelengkap saat makan. 

Untuk membeli kerupuk ini, kamu dapat langsung menuju ke toko maupun pusat oleh oleh di Tuban. Kerupuk ikan dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000,- per kemasan. Kamu juga dapat memilih jenis serta ukuran kerupuk ikan seseuai selera. 

10. Oleh oleh Khas Tuban : Gemblong

gemblong
merdeka.com

Pernah mendengar sebutan makanan gemblong? Gemblong merupakan jajanan tradisional khas Tuban yang masih banyak diburu hingga saat ini. Makanan ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal Tuban, tetapi juga populer di kalangan wisatawan. 

Makanan ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung ketan putih. Adanya lapisan gula merah cair di bagian luar adonan juga menambah kelezatan tersendiri. Tidak perlu takut mahal, jajanan gemblong hanya dibandrol mulai dari Rp 1.000,- saja.

11. Oleh oleh Khas Tuban : Keripik Gayam

keripik gayam
disbudporapar.tubankab.go.id

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Tuban yang tidak boleh kamu lewatkan yakni keripik gayam. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa tumbuhan khas Tuban. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas serta tekstur yang renyah. Keripik gayam sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang karena dijual dengan kemasan praktis dan menarik. 

Nah, itulah daftar 11 oleh oleh khas Tuban yang populer dan menarik untuk kamu bawa pulang. Dari daftar di atas, oleh oleh manakah yang tampak paling menarik? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *