• February 23, 2024

Ragam Kekayaan Oleh-Oleh Khas Jayapura, Cocok Dibawa Pulang!

Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, adalah sebuah kota yang tidak hanya mempesona dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan budaya dan kuliner yang luar biasa. Saat berlibur ke Jayapura, kamu dapat berburu sekaligus membawa pulang oleh-oleh khas yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner dari daerah ini. Berikut daftar 10 oleh oleh khas Jayapura yang wajib kamu bawa pulang.

Oleh Oleh Khas Jayapura :

1. Sagu Lempeng: Makanan Pokok Dari Sagu

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sagu adalah makanan pokok di masyarakat Jayapura. Namun, olahan sagu tidak hanya terbatas pada Papeda; masyarakat di sekitarnya juga sering mengolah sagu menjadi Sagu Lempeng. Sagu Lempeng tidak hanya disukai oleh masyarakat Jayapura, tetapi juga populer di daerah-daerah lain seperti Maluku, Kalimantan, dan Riau. Tidak jarang makanan ini juga diburu sebagai salah satu oleh oleh khas Jayapura.

Proses pembuatan Sagu Lempeng mirip dengan pembuatan roti berbahan dasar sagu. Pada awalnya, Sagu Lempeng memiliki rasa yang agak tawar. Namun, seiring berjalannya waktu, penduduk setempat mulai menambahkan kelapa parut dan gula merah, yang memberikan rasa gurih dan manis. Dengan perpaduan cita rasa ini, Sagu Lempeng cocok sebagai teman minum kopi atau teh panas. Sayangnya, Sagu Lempeng cenderung disajikan sebagai makanan sehari-hari dan jarang dijual di luar. Meskipun demikian, kamu masih dapat menemukannya di pasar tradisional.

2. Abon Gulung: Camilan Gurih dan Gurih

Abon Gulung Jayapura memiliki penampilan yang menggugah selera. Hidangan ini disajikan dengan bentuk bulat lonjong berwarna kecokelatan, ditumpuk dengan abon, dan dibungkus dengan kulit roti. Taburan biji wijen, serpihan daging kecil, dan daun bawang memberikan cita rasa yang khas dan menarik. Aroma gurihnya juga menambah daya tarik tersendiri. Selain banyak diburu untuk dinikmati langsung, tidak jarang abon gulung juga dipilih sebagai oleh oleh khas Jayapura untuk dibawa pulang.

Abon gulung ini sangat terkenal di Jayapura dan wilayah Papua sekitarnya. Bahkan, banyak wisatawan dari luar daerah yang mencari camilan ini sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah. Saat menggigit Abon Gulung, kamu akan merasakan tekstur lembut serta rasa lezat yang khas. Biasanya, Abon Gulung dijual dalam berbagai bentuk kemasan, mulai dari karton hingga plastik. Harganya juga bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran kemasannya.

3. Keripik Keladi: Camilan Renyah yang Khas

Keripik Keladi, yang sering disebut “Si Renyah Dari Papua,” memiliki tekstur renyah, gurih, dan membuat ketagihan. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh Kota Jayapura dengan harga yang sangat terjangkau. Keripik Keladi mengandung tinggi karbohidrat, rendah lemak, dan serat yang baik untuk pencernaan. Oleh oleh khas Jayapura yang satu ini merupakan camilan lezat dan sehat yang wajib kamu bawa pulang.

4. Kue Sagu Bagea Jayapura: Gabungan Unik Rasa

Kue Sagu Bagea Jayapura terbuat dari sagu dengan tambahan bahan lain seperti tepung terigu, gula, biji kenari, cengkih, kayu manis, dan kacang tanah. Penambahan bahan rempah-rempah ini menciptakan cita rasa yang unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Biasanya, kue Sagu Bagea diisi dengan kacang hijau untuk memberikan rasa gurih saat digigit. Tidak jarang Kue Sagu Bagea diburu wisatawan sebagai oleh oleh Khas jayapura untuk dibawa pulang. Kue berwarna cokelat ini telah menyebar ke berbagai daerah yang menghasilkan sagu, seperti Maluku, Manokwari, dan daerah-daerah lainnya.

5. Bahan Makanan dan Obat Sarang Semut: Herbal Papua yang Berkhasiat

Papua memiliki beragam bahan makanan dan obat-obatan herbal yang dipercaya memiliki khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah Sarang Semut yang terbuat dari tumbuhan jenis benalu yang diolah menjadi makanan penyembuh. Sarang Semut dipercaya mengandung antioksidan dan anti kanker yang telah terbukti khasiatnya. Biasanya, Sarang Semut tumbuh dan melekat pada tanaman lain yang banyak ditemukan di Jayapura. Tidak jarang juga Sarang Semut diolah menjadi campuran makanan untuk memberikan manfaat kesehatan luar biasa. Kamu dapat menemukannya di Jayapura sebagai oleh-oleh atau pengobatan tradisional.

6. Batik Khas Jayapura: Eksotis dan Berwarna-warni

Batik adalah warisan budaya yang bisa ditemui di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jayapura. Namun, batik Papua memiliki ciri khas yang unik. Motif dan kombinasi warnanya cenderung mencolok, berbeda dari batik jenis lainnya. Biasanya, motif batik Papua tidak simetris, lebih sering asimetris.Batik Papua memiliki motif berwarna cerah seperti kuning, merah, hijau, dan oranye, dengan motif etnik khas Papua yang menciptakan efek yang sangat eksotis. Sebagian besar motif batik menampilkan unsur alam serta beberapa peninggalan arkeologi yang ada di daerah Papua. Tidak sedikit wisatawan yang berburu batik untuk dibawa pulang sebagai pilihan oleh oleh khas Jayapura.

Meskipun pembuatan batik Papua tidak jauh berbeda dari batik cap atau batik tulis pada umumnya, setiap motif yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri. Jika kamu tertarik untuk membawa pulang kain batik Papua sebagai oleh-oleh, kamu perlu menyiapkan sejumlah biaya yang sesuai dengan nilai seni dan keindahannya.

7. Kerajinan Noken: Tas Tradisional

Noken adalah tas tradisional khas Papua yang terbuat dari anyaman kulit kayu. Tas ini digunakan oleh penduduk Papua untuk membawa hasil pertanian dan barang-barang lainnya. Namun, Noken sekarang telah menjadi barang fashion yang diminati oleh banyak orang. Banyak wisatawan yang memilih noken sebagai salah satu oleh oleh khas Jayapura. Kamu dapat menemukan berbagai model Noken dengan motif dan warna yang beragam di Jayapura.

8. Oleh Oleh Khas Jayapura : Alat Musik Tifa

Tifa adalah alat musik pukul tradisional Papua yang terbuat dari kayu dengan permukaan kulit yang dianyam. Ini adalah salah satu alat musik yang paling ikonik di Papua dan sering digunakan dalam berbagai acara budaya. Jika kamu mencari oleh-oleh yang unik dan bermakna, kamu bisa membeli alat musik Tifa sebagai kenang-kenangan.

9. Oleh Oleh Khas Jayapura : Mutiara

Papua memiliki perairan yang kaya akan kehidupan laut, termasuk mutiara yang cantik. Kamu dapat membeli perhiasan mutiara khas Papua seperti kalung, anting-anting, atau cincin dengan harga yang lebih terjangkau daripada di tempat lain. Membeli mutiara menjadi cara terbaik untuk membawa pulang kecantikan alam Papua dalam bentuk perhiasan yang indah.

10. Oleh Oleh Khas Jayapura : Pernak-Pernik

Ada banyak pilihan pernak-pernik khas Jayapura, seperti patung kayu, ukiran kayu, topi bulu, kalung gading, koteka, dan banyak lagi. Pernak pernik tersebut cocok dijadikan oleh oleh khas Jayapura yang penuh makna dan dapat memberikanmu wawasan yang lebih dalam tentang kehidupan dan budaya masyarakat Papua.

source : https://www.youtube.com/@NexCarlos

Saat mengunjungi Jayapura, pastikan untuk membeli beberapa oleh-oleh khas ini sebagai kenang-kenangan yang berharga. Dengan membawa pulang kepingan budaya dan kuliner dari Papua, kamu tidak hanya membawa kenangan indah dari perjalananmu, tetapi juga mendukung pengrajin lokal dan ekonomi daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *