• February 29, 2024

Ragam Kreativitas di Surabaya Vaganza 2023

Surabaya Vaganza 2023 – Hari ini (27/5) Surabaya Vaganza 2023 resmi diselenggarakan. Titik keberangkatan acara karnival kota Pahlawan tersebut dimulai dari depan Tugu Pahlawan hingga Alun-alun kota Surabaya.

Beraneka ragam kendaraan mulai dari mobil hingga delman yang telah dihiasi dengan karangan bunga berderet di sepanjang jalan kota Pahlawan sejak siang hari. Acara yang akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB telah menarik banyak perhatian masyarakat lokal.

Tidak hanya masyarakat kota Surabaya saja yang tertarik dengan acara tersebut, melainkan ada di antara para masyarakat yang berpartisipasi sebagai penonton tersebut datang dari luar kota, seperti Sidoarjo, dan Gresik. Meski antusiasme masyarakat untuk menonton karnival tersebut cukup besar, mereka masih tertib.

surabaya vaganza 2023
Masyarakat antusias melihat peserta parade Surabaya Vaganza 2023

Iring – iringan Vaganza 2023 di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 730 ini memiliki tema perhelatan Puspawarni Indonesia. Tema tersebut merujuk ke pada keanekaragaman jenis bunga serta keberagaman budaya Indonesia.

Melalui tema yang telah diputuskan tersebut, para peserta acara Vaganza terlihat memeriahkan perhelatan besar kota dengan maksimal. Hal tersebut tampak dari beragam detil dekoratif yang mereka tunjukkan selama long march karnival berlangsung.

Salah satu mobil hias dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya dalam parade

Dua Sesi dalam Surabaya Vaganza 2023

Tidak sama dari tahun sebelumnya, Parade bunga dan budaya 2023 yang diselenggarakan sekarang memiliki dua sesi acara dengan konsern penampilan yang berbeda. Berikut dua sesi yang menjadi rangkaian acara Surabaya Vaganza 2023.

Sesi Pertama Surabaya Vaganza 2023

Sesi pertama berlangsung mulai sore hari 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Pada sesi pertama rute festival dimulai dari Tugu Pahlawan dengan titik akhir di Alun-alun Balai Pemuda Surabaya.

Sesi Kedua Surabaya Vaganza 2023

Pada sesi kedua, konsep dari tema parade bunga dan budaya tersebut ditampilkan dengan konsep yang berbeda dari sore hari. Light Parade atau parade lampu serta lampion menjadi penampilan pembeda dari pengulangan acara di tahun sebelumnya. Penampilan beragam mobil dengan beraneka model lampu hias akan menerangi kota Surabaya nanti malam.

Light Parade akan dimulai sebagai sesi kedua sejak pukul 18.00 – 22.00 WIB. Iring-iringan bercahaya dari keramaian karnival Surabaya ini dimulai dari Tunjungan Siola dengan titik akhir Gedung Balai Pemuda Surabaya.

Peserta Parade Bunga dan Budaya Vaganza 2023

Dilansir dari halaman Pemerintah Kota Surabaya (23/5) Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Wiwiek Widayati menuturkan bahwa acara diselenggarakannya Surabaya Vaganza tersebut memiliki tujuan mentriger pariwisata kota.

Oleh karena itu, dalam berlangsungnya parade bunga dan budaya ini memperlibatkan beragam elemen di bidang pariwisata yang ada baik komunitas lokal atau komunitas luar, seperti Bali dan Nias. Acara besar kota Pahlawan tersebut diramaikan dengan 19 mobil hias. Selain itu, ada juga 17 komunitas budaya serta penampilan dari 2 drumband.

Sedangkan sesi kedua, yakni Light Parade akan diramaikan dengan penampilan dari 15 mobil hias, 5 komunitas, serta 2 drumband. Kedua sesi dalam acara HJKS tersebut juga melibatkan beberapa perwakilan pelajar dari kota Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *