• February 29, 2024

Review, Harga Tiket dan Lokasi Liburan

Review Wisata Gratis di Ubud – Ubud punya romansa yang unik untuk tiap pengunjung yang sudah pernah ke Bali. Kombinasi antara wisata alam, tradisional dan spiritual yang dikemas dalam satu tempat membuat spot destinasi ini menjadi idaman banyak wisatawan mancanegara dan lokal. Berbekal atmosfirnya yang menenangkan dan damai, Ubud selalu berhasil memberikan pengalaman yang ideal untuk merenung, mengembangkan diri, atau sekedar menikmati keindahan alam hingga keragaman budaya Bali.

shutterstock

Nah, kalau kebetulan kamu berencana untuk berkunjung ke Bali namun sedang mencari tempat wisata gratis yang dapat dinikmati di Ubud, kamu berada di artikel yang tepat.

Yaps, ATW akan membahas 8 destinasi wisata gratis di daerah Ubud Bali yang dijamin akan memperkaya refrensi untuk intenari kamu. Check this one out!

BACA JUGA: Alas Harum Bali – Liburan Agrowisata Unik dan Penuh Tantangan

1. Pura Taman Saraswati – Wisata Gratis di Ubud

Alamat : F7V6+PJ4, Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Map : Klik di sini
Jam buka : 07.00 – 21.00 WITA

Berada di ranking pertama dalam list ini, Pura Taman Saraswati adalah paket lengkap tentang daya tarik utama di Ubud. Taman yang terletak di jantung kota Ubud ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan Kolam Lotus yang indah, pertunjukan tari Bali yang diselenggarakan di malam hari, dan pengalaman bekunjung ke pura Saraswati yang berada di sisi timur Kolam Lotus.

Daya tarik utama dari taman yang dibangun pada tahun 1951 oleh Pangeran Tjokorda Gede Agung Sukwati ini, adalah Kolam Lotus. Sesuai dengan namanya, kolam ini dikelilingi oleh berbagai bentuk tanaman lotus dan bunga alam lainnya. Keindahan Kolam Lotus makin terasa jika kamu berkunjung pada malam hari.  Lampu-lampu yang menyinari area kolam dan bayangan syahdu dari patung-patung klasik yang tersebar di lokasi akan menambah suasana indah dan romantik namun tetap sakral.

Di sisi timur kolam, terdapat sebuah pura kuno yang disebut Pura Saraswati. Pura yang dibangun untuk menghormati Dewi Saraswati, dewi pengetahuan dan seni dalam kepercayaan Hindu ini memang selalu ramai pengunjung. Di dalam pura, terdapat patung Dewi Saraswati yang indah, serta beberapa patung dan relief yang menggambarkan kisah-kisah dari mitologi Hindu.

@nicole_tan

Pecinta seni tari pasti tak asing dengan Taman Saraswati. Ini karena Pura Taman Saraswati sering mengadakan pertunjukan seni tari khas Bali seperti Tari Legong, Barong dan Kecak pada malam hari.

2. Campuhan Ridge Walk

Alamat : Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Map : Klik di sini
Jam buka : Buka 24 Jam

Khusus untuk kamu pecinta wisata alam yang hobi trekking pasti bakal astonished dengan Campuhan Ridge Walk. Tempat wisata ini adalah jalur setapak yang terletak di Ubud, Bali. Trek ini menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan.

Campuhan Ridge Walk – Balipedia

Terletak di pusat kota Ubud, jalan setapak ini menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti petak sawah yang hijau, bukit yang menjulang, dan sungai yang mengalir mengelilingi Ubud. Jalan setapak yang berada di tengah tengah hamparan hijau ini tentu saja membawa kesan damai dan tenang selama kunjungan berlangsung. Biasanya pengunjung mengambil waktu untuk bersantai atau ngobrol bersama rekan-rekan mereka di bawah suasana alam yang menyegarkan.

Karena jalurnya tak memiliki banyak tanjakan, Campuhan Ridge Walk ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berolahraga ringan seperti berjalan atau berlari santai. Udaranya yang segar akan memberi nilai plus dari kegiatan jalan santai Anda. Beberapa pengunjung bahkan menyempatkan diri untuk mengabadikan moment dengan berfoto karena memang, pemandangannya yang sangat instagramable.

wisata gratis di Ubud
@ivan.drones

Selama berada di Campuhan Ridge Walk, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek untuk biaya masuk karena untuk mengunjungi ini biayanya gratis. Tempat wisata ini juga sangat mudah diakses karena berada di pusat kota Ubud. Jadi tak heran jika banyak pelancong menyempatkan diri untuk mampir ke Campuran Ridge Walk.

BACA JUGA: Hello Summer Bogor: The Authentic Bali Vibe in Bogor

3. Tegalalang Rice Terrace

Alamat : Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Harga Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Tempat wisata yang terletak di Desa Tegalalang ini memang gak gratis karena kamu masih harus membayar tiket masuk yang cuma Rp 10 ribu aja. Tapi percaya deh, tempat yang satu ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan sangat terkenal. Pemandangan yang memukau dari hamparan sawah terasering yang tersusun rapi memang menjadi daya tarik utama dari Tegalalang Rice Terrance. Ditemani oleh pemandangan hijau, langit biru yang cerah, dan perbukitan sekitar, spot ini jelas pantas untuk mendunia.

Teras Sawah Tegallalang
Teras Sawah Tegallalang

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Murah Dan Enak Di Grand Indonesia

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Tegalalang Rice Terrace. Berjalan-jalan melintasi sawah, berfoto, dan bermain ayunan di tengah sawah adalah beberapa kegiatan populer yang bisa kamu lakukan di sini. Tegalalang Rice Terrance juga dikenal dengan kemudahan aksesnya. Banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat wisata ini.

Biasanya, pengunjung yang datang menggunakan jasa penyewaan mobil, sepeda motor atau shuttle bus khusus yang disediakan untuk menikmati keindahan alam tiada tara ini. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Tegalalang Rice Terrace juga mempertahankan tradisi Bali dengan berbagai upacara adat yang dilaksanakan di sana. Beberapa acara penting seperti Hari Raya Galungan dan Kuningan juga rutin dilaksanakan di tempat ini.

Tegalalang Rice Terrace – indonesia.travel

4. Pura Dalem Agung Padangtegal

Alamat : Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pura yang terletak di jantung Ubud ini menawarkan pengalaman spiritual dan budaya yang khas Bali. Di dalam pura terdapat berbagai macam patung, seperti patung Dewa Wisnu dan Dewi Kunti yang masih dijadikan tempat acara keagamaan sampai sekarang.

wisata gratis di Ubud

Pura Dalem Agung juga memiliki beberapa bangunan suci lainnya, seperti Bale Bengong, Wantilan, dan Bale Gong. Selain sebagai tempat ibadah, Pura Dalem Agung Padangtegal juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai upacara adat Bali, seperti upacara kematian dan upacara keagamaan lainnya. Mengingat hal itu, pura ini sangat penting bagi masyarakat Bali.

Nah, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pura Dalem Agung Padangtegal, disarankan untuk mengenakan pakaian sopan dan menghormati tempat suci tersebut, yah. Selain itu, sebaiknya juga mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku di pura tersebut.

Btw kamu tau gak? Ada satu destinasi unik di dalam area komplek ini yang terkenal banget. Yap! Monkey Forest adalah jawabannya. Nah, meskipun untuk masuk ke Pura Dalam Agung Padangtegal ini gratis tapi kamu harus membayar mulai dari Rp 40 ribu – Rp 60 ribu untuk masuk ke area yang sarat dengan primata lucu ini. It’s worth it kok!

BACA JUGA: Review One Satrio: Tempat Nongkrong Paling Hits di Jakarta

5. Puri Saren Agung – Wisata Gratis di Ubud

Alamat : Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 19.00 WITA

Lokasi ini secara internasional dikenal dengan nama Ubud Royal Palace. Istana ini merupakan pusat seni, tari, dan sastra Bali yang kaya akan sejarah yang menampilkan arsitektur Bali yang terawat dengan baik dengan taman hijau yang rimbun. Kompleks bersejarah ini terdiri dari aula pertemuan yang dikenal dengan nama Wantilan dengan aksen utama pohon beringin yang rindang.

Puri Saren Agung yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Ubud Bali ini dibangun pada masa pemerintahan almarhum Ida Tjokorda Putu Kandel dan telah dipertahankan sebagai pusat bagi para pecinta seni Bali selama beberapa dekade terakhir. Di malam hari, destinasi ini menjadi tuan rumah pertunjukan tari lokal bersama dengan orkestra perkusi gamelan. Kamu bisa dapat mengunjungi istana ini kapan saja antara pukul 8 pagi hingga jam 7 malam. 

6. Desa Celuk Ubud Bali

Alamat : Celuk, Kabupaten Gianyar, Bali 80513
Map : Klik di sini
Jam buka : 06.30 – 17.30 WITA

Lokasi yang sangat layak untuk dikunjungi di Ubud ini terkenal dengan pengrajin perhiasan emas dan peraknya mulai dari cincin, kalung, gelang, dan anting-anting yang didesain dengan unik dan berkelas. Para seniman di desa ini telah menjadi langgan kerajinan tangan untuk pasar internasional selama beberapa generasi sehingga kamu pastinya akan dijamin mendapatkan barang dengan kualitas yang sempurna. Harga perhiasan yang dijajakan di tempat ini cukup bervariasi mulai dari Rp 50 ribu sampai jutaan rupiah.

@bali.destination

Selain toko perhiasan, kamu juga akan menemukan beberapa galeri yang mengajarkan kamu cara membuat perhiasan perak sendiri. Selain perhiasan, ada beberapa pilihan suvenir, ornamen, dan medali yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan perjalanan kamu di Bali. Setelah selesai berbelanja, jangan juga lewatkan kesempatan untuk menikmati masakan otentik Bali yang lezat dari berbagai gerai makanan yang ada di desa celuk ubud.

7. Air Terjun Tibumana

Alamat : Jl. Setra Agung, Apuan, Kec. Susut, Kabupaten Bangli, Bali 80661
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA
Tiket Masuk: Rp 10 ribu/orang

Air Terjun Tibumana merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang paling indah di dekat Ubud. Untungnya, hanya sedikit orang yang mengetahui hidden spot yang satu ini. Kalau kamu kebetulan sedang berada di pusat kota Bali, maka untuk dapat tiba di air terjun yang indah ini sangat mudah, perjalanan dari Ubud ke Air Terjun Tibumana hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jalannya bagus dan mudah diakses terutama kalau kamu menggunakan Google Maps.

Setelah sampai di area ngarai dekat air terjun ini, kamu harus melewati hutan dan ini adalah kesempatan yang paling ideal untuk mengagumi vegetasi yang eksotis di sekitaran air terjun.

Air terjun underrated di dekat Ubud ini sangat cocok untuk kamu yang ingin cooling down dari semua kepenatan kehidapan. Faktanya, air Terjun Tibumana ini masih belum tersentuh oleh banyak wisatawan. Jadi, dengan hanya membayar Rp 10 ribu, kamu masih banget punya kesempatan untuk menikmati keindahannya tanpa harus terganggu dengan banyak orang.

@aurelle_istanya

8. Pasar Seni Ubud – Wisata Gratis di Ubud

Alamat : Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.00 – 18.00 WITA

Pasar seni yang berada di Jalan Raya Ubud No. 35 ini menawarkan berbagai macam barang seni khas tradisional Bali. Pecinta seni bisa dengan mudah berburu aneka patung kayu khas pemahat Bali, kain batik, kerajinan perak, lukisan nuansa Bali, hinggga barang-barang souvenir lainnya. Karena dibuat dan dijual oleh seniman lokal, tentu saja harga yang ditawarkan cukup ramah di kantong.

wisata gratis di Ubud
Pasar Seni Ubud – viva

BACA JUGA: Taman Literasi Blok M Jakarta: Rumahnya Para Pecinta Sastra & Penyuka Ketenangan

Pasar seni yang buka setiap hari mulai dari 08.00-18.00 WITA ini menawarkan pengalaman budaya dan berbelanja yang unik. Di sini, para wisatawan akan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tangan oleh para pengrajin lokal yang berada di sekitar pasar.

Gimana? tempat wisata gratis di Ubud rekomendasi dari ATW oke banget kan? Ayo susun jadwal liburan kamu sekarang juga sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *